Animasi 2D - Bentuk dan Prinsip Animasi


Hallo, Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Animasi 2D. Di jurusan Multimedia Broadcasting semester 3, kalian akan menjumpai mata kuliah ini. Dan kamis kemaren, saya mendapatkan materi tentang animasi shape. Dan membahas sedikit tentang 12 prinsip animasi yaitu salah diantaranya antisipation dan Squash and Strech

Menurut Rick Parent Pengertian secara umum, animate memiliki arti “memberi kehidupan kepada” dan termasuk juga live-action (gerakan langsung) pedalangan / pewayangan / permainan boneka semisal Sesame Street serta penggunaan peralatan electromechanical untuk menggerakkan boneka (animatronics).

Animasi Shape  biasa digunakan untuk membuat animasi perubahan bentuk, saya mempraktekkannya dengan membuat animasi bentuk yang awalnya lingkaran, berubah menjadi lonjong, berubah membentuk beberapa lengkungan, kembali menjadi lonjong, berubah menjadi bentuk hati dan akhirnya pecah.



Untuk  prinsip animasi squash and strech adalah prinsip animasi yang membuat bentuk-bentuk atau kartun menunjukkan sifatnya kekerasannya, sehingga penonton akan mengetahui apakah animasi tersebut bersifat kaku atau lentur. Prinsip anticipation adalah prinsip animasi yang membuat bentuk-bentuk atau kartun meninjukkan sikap persiapan atau ancang-ancang dalam pergerakannya, sehingga penonton mengetahui pergerakan apakan yang ada pada animasi tersebut.Saya membuat animasi berupa seorang gadis yang melihat balon, dan balon itu mengarah ke gadis itu. Kemudian di tangkap olehnya dan balon menjadi agak lonjong, animasi ini menunjukkan kedua prinsip. Prinsip squash and strech ditunjukkan dengan balon yang berubah menjadi lonjong setelah di pegang dan di tarik. Prinsip anticipation ditunjukkan pada gadis yang bersiap-siap untuk menangkap balon.




untuk 10 prinsip lainnya kan dibahas di pertemuan selanjutnya. stay tune yeah. salam hangat :)


Komentar

Postingan Populer