PRAK 1 - ANIMASI 3D LOGO


ANIMASI 3D LOGO

1. Tujuan : 
·         Mengetahui tentang animasi 3D
·         Membuat animasi 3D dari sebuah logo

2. Alat     : 
·         PC (monitor, CPU, mouse, keyboard)          
·         software (adobe after effect CC 2015, adobe premier pro 2015)           
3. Bahan :
·        logo sang pisang.png

4. Dasar Teori :
                Animasi Animasi berasal dari kata “to animate” yang artinya membuat seolah-olah hidup dan bergerak. Pengertian animasi adalah film yang berasal dari gambargambar yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah gambar bergerak dan bercerita. 2 Secara umum, animasi dibagi menjadi dua yaitu animasi 2D (dua dimensi) dan animasi 3D (tiga dimensi).

          Secara umum, animasi dibagi menjadi dua yaitu animasi 2D (dua dimensi) dan animasi 3D (tiga dimensi). 2.1.2.1Animasi 2D Animasi dua dimensi (2D) adalah teknik pembuatan animasi dengan menggunakan gambar bersumbu (axis) dua yaitu X dan Y. animasi ini lebih dikenal dengan animasi manual yang prosesnya dimulai dengan menggambar di atas selembar kertas, kemudian di scan dan baru dipindahkan kedalam computer untuk diubah menjadi file digital. Semua frame digambar satu per satu, diawali dengan membuat key drawing lalu menyisipkan gambar inbetween masih berupa sketsa kasar. tahapan selanjutnya adalah melakukan clean up, dengan cara menjiplak ulang, dan merapikan garis setelah itu baru kita dapat mewarnainya.

           Animasi 3D (Animasi Tiga Dimensi) Animasi 3 dimensi (3D) adalah teknik pembuatan animasi pada sebuah bidang yang menggunakan 3 sumbu X,Y, dan Z sebagai sumbu kedalaman. Objek yang dihasilkan bisa diputar berdasarkan ke 3 sumbernya. Umumnya animasi 3D dikerjakan di dalam computer yakni sudah berupa data digital, walaupun untuk memodelling (membuat model karakter dalam animasi 3D) masih diperlukan gambar skestsa manual sebagai acuan Dalam aniamsi 3D, khusus untuk modelling karakter dibuat dalam satuan vertex, kemudian ditempel atau dibalut dengan tekstur sehingga penonton dapat melihat dengan jelas modelling karakter terbuat dari bahan apa, missal texture kulit, wajah, kain, bulu, rambut, manik-manik dsb. Agar modelling ini dapar bergerak, kita harus memberikan rigging, sehingga modelling tersebut bisa bergerak seperti layaknya manusia. Agar terlihat lebih ekspresif pada bagian wajah, kita membuat facial expression dan lip sync. 

          Software Animasi 3 Dimensi Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain:

• 3D Studio Max
• Maya
• Poser (figure animation)
• Bryce (landscape animation)
• Vue (landscape animation)
• Cinema 4D
• Blender (gratis)
• Daz3D (gratis)

5. Tugas Praktikum :

·         membuat animasi 3D dari sebuah logo

6. Petunjuk Praktikum : 
               
                 - Siapkan PC dan software
                 - Siapkan logo dengan format png
                 - Buka adobe after effect => masukkan logo => edit logo dengan efek shatter => render 
                 - Buka adobe premiere => masukkan logo yang sudah di render => atur speed dan effect                       => masukkan sound => export



7. Hasil Praktikum :




8. Kesimpulan :

          saya menggunakan logo sang pisang sebagai percobaan pada praktikum saya, pembuatan animasi dimulai dari membuka adobe after effect dan memasukan logo sang pisang. lalu diberi efek shatter. setelah itu langsung saya render dan pindah ke adobe premiere untuk modifikasi. logo saya masukan dan diberi sound serta diatur speednya. kemudian video logo animasi 3d saya export.

9. Referensi :

Komentar

Postingan Populer