PRAK 4 - Progres Animasi 3D Logo PENS

1.      Tujuan

Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light

2.      Alat

Adobe Illustrator
Cinema 4D R16

3.      Bahan
Logo PENS

4.      Dasar Teori

Perbedaan animasi 2D dan 3D?
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar jadi animasi kita simpulkan menghidupkan diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.

Jelaskan yang dimaksud dengan tracing?
Tracing atau trace berarti menelusuri atau penelusuran. Jika dikaitkan dalam dunia grafis, berarti menelusuri sebuah objek teertentu. Selain itu ada juga orang yang mengartikan bahwa Tracing berarti menjiplak ambar/objek. Namun dalam hal ini tentunya fungsi dari Tracing tidak semata – mata kita tidak kreatif sehingga harus meenjiplak gambar. Tracing berfungsi mengubah gambar bertipe bitmap menjadi vector.

Jelaskan perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D?
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.

5.      Tugas Praktikum

Buatlah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light

6.      Hasil Praktikum








    

7.      Kesimpulan


    Dari praktikum ini yang pertama kita dapat belajar mengenai camera path. Sempat merasa bingung dan kesulitan saat menempatkan dan menggeser camera serta mengatur posisi arcsnya. Setelah mengutak-atik dan mencoba akhirnya menemukan arcs dan rotasi yang tepat. Untuk tahap selanjutnya dalam membuat physical skky dan area light cukup lancar dan tidak ada kesulitan.

Komentar

Postingan Populer