PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo PENS

PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo



1. Tujuan
    Mahasiswa dapat membuat animasi logo 3D (Logo 3D 360 (Turn Table Animation))


2. Alat dan Bahan
   PC/Mac
   Adobe After Effect
   Cinema 4D


3. Dasar Teori


Perbedaan animasi 2d dan 3d bisa dilihat dari sudut pandangnya.


Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.
Animasi 2D
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya.
Animasi 3D


Animasi 3 dimensi adalah pengembangan dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.


Contohnya Finding Nemo, The Incredible, Toy Story, Monster Inc, sampai Final Fantasy. Disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).

TRACING ( Teknik Pemerosesan Gambar Modern.)

Tracing merupakan sebuah istilah yang sedang marak digunakan di dunia desain, untuk itu saya ingin menjelaskan pengertian dan apa maksud sebenarnya dari Tracing. berikut adalah penjelasannya.

Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar.
Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.

Tanpa tracing, clean-up artist di studio Disney akan kewalahan menyeragamkan style gambar. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.

Proses pecah warna pada printing tekstil butuh tracing, menggambar motif pada kain batik butuh kemampuan tracing, sampai untuk masking airbrush sekalipun dibutuhkan kemampuan tracing.

Dari keterangan singkat ini bisa kita simpulkan, pengertian tracing tidaklah sesempit arti menjiplak seperti yang kita bayangkan.

Teknik Tracing dan penerapannya

Manual Tracing.
Dahulu, tracing dilakukan dengan meletakkan gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita menggambar menggunakan tinta cina, rapido, atau tinta afdek yang pekat. Proses manual ini banyak kita lakukan pada proses pecah warna untuk film sablon juga untuk printing tektil. Studio animasi tradisional saat itu juga menggunakan cara ini untuk memindahkan gambar kunci dan inbetween animator ke lembar shell acetate. Pekerjaan ini ditangani oleh ahli khusus yang disebut clean up animator.

Kadangkala, tracing dilakukan dengan bantuan proyektor.Banyak dijumpai pada teknik menggambar masking untuk airbrush, dari yang ukuran kecil hingga ukuran billboard.

Digital Tracing.
Tracing digital saat ini banyak kita kerjakan dengan bantuan computer.Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.


Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.




4. Petunjuk Praktikum
NB: yang wajib hanya Prak 06


5. Tugas Praktikum
    Membuat animasi logo PENS (Logo 3D 360 (Turn Table Animation))


6. Hasil Praktikum

- Video tracing logo PENS di Adobe Illustator


- Video Pembuatan Logo PENS 3D 360 dengan Cinema4D


- Video Hasil Akhir



7. Kesimpulan

Dari langkah-langkah yang saya lihat dari petunjuk praktikum, saya baru menyelesaikan video part 1 karena aplikasi Cinema 4D belum bisa di in
stall di laptop saya. Part 1 merupakan petunjuk tracing menggunakan Adobe Illustrator. Kesulitan yang saya alami adalah saat menggunakan pen tool. Karena saya belum terbiasa memakai AI jadinya hasil tracing saya ada yang tidak sesuai dengan garis logo PENS.
Setelah kemudian berhasil menginstall Cinema 4D. Maka saya memulai untuk membuat videonya, dan setelah mengikuti instruksi yang ada di modul. Saya bisa menyelesaikannya.


Komentar

Postingan Populer